Tampil Tanpa Selulit dan Stretchmark

Tampil cantik di hadapan suami termasuk sebuah ibadah yang mendapatkan pahala yang besar di hadapan Allah, insyaAllah.


Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Umar ibnul Khaththab radhiallahu ‘anhu: “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya…” [HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami’ush Shahih 3/57: “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”]

Memang sudah menjadi tabiat wanita ingin terlihat cantik di hadapan suaminya, khususnya. Terkadang seiring dengan pertambahan usia, kelahiran anak-anak yang dicintai dapat memberikan dampak yang memberikan penurunan daya pikat. Namun, hal itu bukanlah sebuah hal yang menakutkan. Jika kita mau berusaha maka masalah itu dapat diminimalkan. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan Selulit dan stretchmark. Mudah-mudahan bermanfaat.

Nah kita perlu tahu terlebih dahulu apakah selulit dan stretchmark itu. Selulit timbul akibat timbunan lemak yang menumpuk dan mendesak ke jaringan epidermis (kulit bagian atas) yang pembatasnya terbuka karena rusak. Permukaan kulit kemudian menjadi bergelombang atau terlihat seperti kulit jeruk. Sedangkan stretchmark adalah garis putih atau parutan yang sering muncul di bagian paha, perut, lengan, bokong, betis, dsb karena merupakan bagian yang paling jarang digerakkan. Masalah selulit dialami oleh orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan, tapi juga pada wanita langsing. Umumnya pembentukan selulit dipicu faktor keturunan, perubahan hormon, gaya hidup, dan penambahan berat badan.

Ada beberapa cara yang patut anti coba, dan yang terpenting, semua cara menghilangkannya cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah:
1. Pijitan dengan Campuran Kopi
Kandungan kafein pada bubuk kopi disinyalir bisa memperbaiki sirkulasi darah dan juga menghaluskan kulit, anti-oksidannya mampu mencegah penuaan dini, detoksifikasi, juga mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati, sehingga kulit menjadi lebih cerah dan lembut.
  • Campurkan bubuk kopi dengan lotion kulit. Oleskan pada bagian tubuh yang terdapat selulit atau stretchmark. Pijat-pijat sebentar, lalu diamkan selama 2 menit dan bersihkan. Lakukan pijatan dengan gerakan memutar. Langkah memijat ini sangat penting, karena membantu membebaskan sel-sel lemak yang terperangkap sehingga mengurangi tampilan selulit. Dan akhiri pijatan ke arah jantung. Lakukan setiap hari.
  • Campur bubuk kopi dengan minyak zaitun. Oleskan pada tubuh yang terkena selulit atau stretchmark. Bungkus dengan bungkus plastik tipis (plastic wrap) dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas. Lakukan 2-4 kali per minggu.
2. Olahraga Teratur
Olahraga menghilangkan selulit bisa bermacam-macam. Misalnya bersepeda, joging, atau jalan cepat. Gerakan kaki/paha ini bisa membakar lemak di kaki, membentuk otot paha, sekaligus menghilangkan selulit.
Olahraga lain yang bisa menghilangkan selulit misanya peregangan. Duduk dengen kaki lurus d lantai, lalu cium lutut. Tarikan yang terjadi pada paha atau kaki bisa untuk mencegah dan mengurangi selulit. Lakukan juga gerakan mengayuh sepeda dalam posisi tidur. Lakukan secara perlahan-lahan dan kontinyu setiap hari.
Gerakan olahraga kaki lainnya adalah berbaringlah, lalu angkat kedua kaki tegak lurus dengan badan, turunkan, naikkan, begitu seterusnya. Setelah itu lakukan satu-satu kaki, misalnya kaki kanan naik dan tegak lurus badan, turunkan, lalu naikkan lagi, dst.
Saat hamil lakukan olahraga ringan secara teratur, seperti jalan kaki atau berenang. Hal ini akan memperkuat otot perut dan melancarkan peredaran darah di perut, sehingga membuat serat kolagen.

3. Jalani hidup sehat dengan pola makan seimbang.
Atur pola makan, dan konsumsilah makanan yang bergizi tinggi, hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh umumnya ditemukan pada produk hewani, seperti daging, mentega, dan full-fat dairy products. Sedangkan lemak trans pada margarin. Batasi jumlahnya di bawah 30% dari asupan enerji harian. Untuk lemak jenuh, tidak lebih dari 10%. Makanan lain yang harus dihindari adalah makanan yang banyak mengandung gula, garam, dan kafein.
Mudah-mudahan usaha yang ingin tampil cantik di hadapan suami mendapat berkah oleh Allah.

Sumber : www.shalihah.com

1 Comments

  1. artikel yg bagus buat nambah wawasan kesehatan.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post